Jumat, 04 November 2016

Gereja Katolik Pohsarang


Hasil gambar untuk pohsarang


Sekilas Mengenai Gereja Pohsarang

Gereja Pohsarang atau Puhsarang merupakan gereja Katolik Roma yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabuptaen Kediri. Gereja ini terletak di lereng gunung Wilis yang berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu udara yang sejuk, sekitar 21-25 derajat Celcius.
Sekitar tahun 1936, Romo Jan Wolters CM (Belanda) berinisiatif untuk membangun Gereja Katolik di Pohsarang dengan bantuan arsitek terkenal, Ir. Henri Maclaine. Dalam konteks karya misi Gereja Katolik di Keuskupan Surabaya, Romo Jan Wolters CM ini dikenal sebagai "rasul Jawa" karena sangat mencintai dan menghormati masyarakat, bahasa, kebudayaan, serta nilai-nilai Jawa.
Sekilas bangunan gereja di Pohsarang mirip dengan perahu yang menempel pada sebuah bangunan mirip gunung. Dalam agama Katolik, bangunan yang mirip gunung ini melambangkan atau menggambarkan Gunung Ararat di mana dulu perahu nabi Nuh terdampar setelah terjadi musibah air bah, yang menghukum umat manusia yang berdosa. Sedangkan bangunan yang mirip perahu tadi menggambarkan atau melambangkan Bahtera atau Perahu Nabi Nuh, yang menyelamatkan Nuh dan keluarganya yang percaya pada Tuhan, bersama dengan binatang-binatang lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar